16 Manfaat Pisang sebagai obat alami



Buah pisang yang sering kita jumpai ternyata memiliki banyak khasiat untuk ibu hamil, anak-anak hingga lansia. Selain untuk kesehatan, buah tropis ini juga bermanfaat untuk kecantikan. Pisang mengandung tiga gula alami yaitu, sukrosa, fruktosa dan glukosa yang berfungsi meningkatkan energi. Penelitian telah membuktikan dua porsi pisang mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit. Tidak heran mengapa pisang merupakan buah andalan nomor satu yang dikomsumsi atlet-atlet terkemuka di dunia. 

16 Manfaat Pisang sebagai obat alami

Pisang dapat digunakan sebagai obat alami penyakit sebagai berikut:

1.Depresi
Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah mengonsumsi pisang. Hal ini terjadi karena pisang mengandung tryptophan (sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin) yang dikenal untuk membuat relax, memperbaiki mood dan secara umum membuat anda merasa lebih baik.

2. PMS(Pre menstrual syndrome)
Lupakan minum Pil, makan pisang. Vitamin B6 yang dikandungnya mengatur kadar glukosa darah, yang dapat mempengaruhi suasana hati anda.

3.Anemia
Tingginya zat besi yang dikandung buah pisang dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan sangat membantu dalam kasus anemia.

4. Tekanan Darah Tinggi
Buah unik ini sangat tinggi kalium tetapi rendah garam, sehingga cara sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. Karena hasilnya yang sangat nyata, America Food and Drug Administration mengizinkan perkebunan pisang untuk melakukan klain resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

5. Kemampuan otak atau kecerdasan
Sebanyak 200 siswa di Twickenham, Middle*** Inggris terbantu saat ujian karena memakan pisang pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Peneliti menunjukan, buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa lebih bisa berkonsentrasi.

6. Sembelit
Pisang membantu mempermudah kegiatan pencernaan, membantu mengatasi permasalahan ini tanpa harus kembali meminum obat sembelit.

Mabuk dan Muntah-muntah
Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan penyakit mabuk adalah dengan meminum milkshake pisang yang dimaniskan dengan madu. Pisang menenangkan perut, dan dengan bantuan madu membangun kadar gula darah, sementara susu menenangkan dan menormalkan hydratasi.

7. Panas Dalam
Pisang memiliki efek antacid alami dalam tubuh, jadi kalau anda menderita panas, cobalah makan pisang untuk mengurangi rasa sakitnya.

8. Morning Sickness (Mual pada ibu hamil)
Khasiat pisang untuk ibu hamil adalah mengobati mual. Ngemil pisang diantara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual. Pisang juga bisa mengendalikan kondisiemosional ibu hamil.

9. Gigitan Nyamuk
Gosok daerah yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit pisang akan mengatasi rasa gatal dan bengkak.

10. Menenangkan Saraf
Buah pisang tinggi kadar vitamin B yang membantu menenangkan sistem saraf. Peneliti di Institute of Psychology, Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan yang seperti coklat dan keripik.  Berdasarkan penelitian terhadap 5.000 pasien dirumah sakit, peneliti menemukan bahwa kebanyak penderita obesitas lebih cenderung berada dalam tekanan kerja yang tinggi, saat stres itu mereka ngemil coklat atau keripik. Agar tidak kelebihan berat badan, maka lebih dianjurkan dengan memakan pisang yang tinggi karbohidrat sehingga menyeimbangkan kadar gula darah untuk mengatasi stres beban kerja.

11. Luka Lambung (ulcer)
Pisang digunakan sebagai makanan untuk merawat pencernaan karena teksturnya yang lembut dan halus. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stres pada pencernaan. Pisang juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

12. Mengontrol Suhu
Dalam banyak budaya di dunia, pisang digunakan sebagaipendingin untuk menurunkan temperature fisik dan emosional ibu hamil. Di Thailand misalnya, ibu hamil akan makan pisang untuk meyakinkan si bayi lahir dengan suhu tidak tinggi.

13. Seasonal Affective Disorder (SAD)
Pisang dapat membantu penderita SAD karena mengandung penambah mood alami, tryptophan.

14. Agar Berhenti Merokok
Pisang dapat menolong orang yang ingin berhenti merokok. Vitamin B6 dan B12 yang dikandungnya, bersama dengan kalium dan magnesium, membantu tubuh cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

15. Stres
Kalium adalah mineral penting yang membantu menormalkan detak jantung, mengirim oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika stres, metabolisme tubuh meningkat drastis sehingga mengurangi kadar potassium. Ini dapat kembali diseimbangkan dengan bantuan potassium tinggi dari buah pisang. Makanlah pisang saat ngemil.

16. Stroke
Menurut riset The New England Journal of Medicine, makan pisang sebagai bagian dari diet yang teratur dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke sebanyak 40%.

Jadi pisang adalah obat alami untuk berbagai penyakit. Jika anda membandingkannya dengan apel, pisang memilik empat kali protein, dua kali karbohidrat, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat Vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral. Pisang juga kaya kalium dan merupakan salah satu makanan dengan kandungan gizi terbaik.

Subscribe to receive free email updates: